Pemkab Bone Bolango Luncurkan 20.000 Kepesertaan Informal BPJS Ketenagakerjaan

Oleh Administrator Dibaca 18 Kali 14 Okt 2019, 10:41:44Berita

Pemkab Bone Bolango Luncurkan 20.000 Kepesertaan Informal BPJS Ketenagakerjaan

Keterangan Gambar :


Bonebol – Pemkab Bone Bolango bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) Cabang Gorontalo resmi meluncurkan 20.000 kepesertaan informal jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan yang dibiayai oleh pemkab Bone Bolango melalui sumber anggaran dari APBD tahun 2019.

Peluncuran maupun launching kepesertaan informal itu, diawali jalan sehat bersama dengan para pekerja start Center Point Bone Bolango dan finish di halaman Kantor Bupati Bone Bolango.

Dilanjutkan dengan senam aerobik, serta penyerahan simbolis klaim santunan BPJS Ketenagakerjaan kepada 41 orang ahli waris penerima manfaat program tersebut, Sabtu (12/10/2019).

Menariknya, kegiatan tersebut dihadiri langsung Rachmat Gobel, selaku Wakil Ketua DPR RI asal Gorontalo, khususnya Kabupaten Bone Bolango.

Turut hadir juga Bupati Bone Bolango Hamim Pou bersama jajaran Forkopimda, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi dan Maluku Toto Suharto.

Asisten Deputi Direktur BPJSTK Wilayah Sulawesi dan Maluku Basuki, Kepala BPJSTK Cabang Provinsi Gorontalo Teguh Setiawan, pimpinan OPD, para Camat, ASN,Kepala Desa, pimpinan federasi serikat buruh Indonesia Gorontalo, pimpinan perusahaan, serta ribuan masyarakat pekerja sektor informal.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan, dalam dua tahun terakhir ini Pemkab Bone Bolango berkomitmen untuk melindungi para pekerjanya, terutama para pekerja sektor informal melalui perlindungan program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.

Mulai dari tukang kayu, tukang batu, tukang las, tukang bentor, dan lain sebagainya.

“Alhamdulillah program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan ini telah memberikan ketenangan dan kenyaman kepada para pekerja di Kabupaten Bone Bolango,”kata Hamim Pou.

Ia menambahkan, pemerintah daerah sadar bahwa pekerja ini merupakan ujung tombak yang ikut membangun negeri ini, termasuk Bone Bolango.

Sementara mereka rentan mengalami pemutusan kerja, rentan mengalami kecelakaan kerja, rentan mengalami penyakit, tapi tidak terlindungi. Apalagi pekerja-pekerja di sektor informal.

Maka menjadi kewajiban negara, kewajiban pemerintah untuk melindungi mereka para pekerja tersebut.

BPJS Ketenagakerjaan pun sudah membuktikannya, dimana setiap terjadi kecelakaan kerja baik ditempat kerja maupun ada yang meninggal dunia dan yang bersangkutan memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan yang preminya dibayarkan oleh Pemkab Bone Bolango, maka yang bersangkutan mendapatkan hak-hak sebagai seorang pekerja.

Proses klaimnya juga tidak terlalu lama, jika kelengkapan berkas klaimnya lengkap hanya butuh 3-4 hari kemudian ahli warisnya sudah dapat pertanggungan atau klaim santunan mulai dari 24 juta hingga 70 juta jika meninggal dunia dan memiliki anak yang sedang sekolah.

“Program ini luar biasa preminya kecil, tapi pertanggungannya sangat besar berkisar dari 24 juta hingga sekitar 70 juta,”ungkap orang nomor satu di Kabupaten Bone Bolango itu.

Karena itu, lanjut Hamim, tahun depan dirinya sudah memutuskan 20 ribu pekerja sektor informal di Bone Bolango akan dicover lagi lewat premi yang dibayarkan oleh pemerintah daerah.

Namun demikian, Hamim berharap tentu lebih baik mencegah daripada mengalami kecelakaan dalam bekerja maupun sedang tidak bekerja.

Untuk itu, salah satunya kegiatan jalan sehat dan senam aerobik, ini adalah kampanye keselamatan, termasuk kita melakukan kegiatan edukasi dan hiburan-hiburan lainnya.

Mari kita lindungi para pekerja agar selamat dalam bekerja. Keselamatan dalam bekerja nomor satu. Itu yang paling penting.

Betapa pun kita ini sudah terlindungi, tapi keselamatan dalam bekerja harus kita utamakan.

”Terima kasih untuk BPJS Ketenagakerjaan, saya berharap kampanye-kampanye perlindungan kerja harus terus kita gencarkan termasuk kegiatan olahraga dan hiburan. Kita tidak hanya membayarkan klaim, tapi bagaimana bisa mengedukasi para pekerja juga menjadi sesuatu yang sangat mendesak,”beber Hamim Pou.

Dalam kesempatan itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gorontalo Teguh Setiawan memberikan apresiasinya terhadap Bupati Hamim Pou dan seluruh jajaran aparatur Pemkab Bone Bolango yang telah mendukung penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Kegiatan jalan sehat ini sebagai salah satu bentuk hubungan sinergi yang baik antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Pemkab Bone Bolango, DPRD, unsur serikat pekerja, dan seluruh masyarakat pekerja dalam upaya pemberian perlindungan jaminan sosial bagi masyarakat pekerja sektor formal dan informal.

“Kedepannya diharapkan pemerintah daerah bersama DPRD dapat menginisiasi diterbitkannya Peraturan Daerah (Perda) mengenai pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan di Kabupaten Bone Bolango,”harap dia.

Pantauan di lokasi, launching kepesertaan informal itu dibanjiri dengan hadiah dooprize, dengan hadiah utama sepeda motor, dan hadiah menarik lainnya seperti sepeda, kulkas, mesin cuci, TV, kipas angin, dispenser, kompor gas, setrika, dan hadiah hiburan lainnya. (MC Bone Bolango/Kadir/toeb)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment